Diskon!

War of Balikpapan

Rp 65.000,00 Rp 50.000,00

SKU: 099/B/I/0517/ARS1 Kategori:

Deskripsi

Massa tak gentar, meski berhadapan dengan ratusan serdadu Belanda yang tengkurap dibelakang senjata dengan sangkur terhunus dan siap memuntahkan pelurunya.Pagi itu, Selasa, 13 Nopember 1945, hari masih ranum sekitar pukul 08.00 lapangan Kompleks buruh minyak BPM di Karang Anyar, Pandansaridipenuhi ratusan bahkan ribuan massa yang berdatangan dari segala penjuru Balikpapan. Semangat massa terlecut oleh Komite Indonesia Merdeka (KIM) dibawah pimpinan bung Abdul Moethalib.

Keesokan harinya, Rabu (14 Nopember 1945) perundingan di kantor NICA (Netherlands Indies Civil Administration) antara pimpinan KIM Abd Moethalib dengan pihak Plaatselijk Militaire Comando Majoor Assenderp dan Reserve Luitenant R.A.H Bergman Controleur pada Hoofd van Plaatselijk Bestuur Kepatihan Kutai Selatan di Balikpapan.

Minggu, 18 Nopember 1945 malam sekitar pukul 24.00, adalah hari H jam D pemberontakan umum yang di dahului dengan tembakan pistol tiga kali oleh Abd Moethalib sebagai isyarat juga penggranatan sental listrik Jalan Asrama Bukit (Askit) — sekarang Jalan Riko, Kampung Baru — Balikpapan Barat.

Itulah tiga dari beberapa peristiwa penting pada tahun 1945 sebagai awal perlawanan terhadap kekuasaan kolonial Belanda yang ingin kembali menancapkan kukunya di Balikpapan dengan membonceng tentara Sekutu (Australia, Inggris dan Amerika) pada 1 Juli 1945, yang merupakan imbas dari telah diproklamirkannya kemerdekaan bangsa Indonesia oleh Bung Karno dan Bung Hatta pada hari Jum’at, 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur No 56, Jakarta.

————————————————————————————————————————————

WAR OF BALIKPAPAN adalah sebuah buku catatan sejarah yang mengangkat kisah heroik para Pejuang Balikpapan dalam mempertahankan kota Balikpapan dari penjajahan Kolonial Belanda yang pada saat itu berusaha kembali menancapkan kukunya di Balikpapan dengan membonceng tentara Sekutu NICA.

Karya yang ditulis oleh Herry Trunajaya BS dan Muhammad Asran ini adalah Edisi Revisi dari buku sebelumnya Kabut Perang Balikpapan. Dalam buku ini merangkum data dan fakta dari pelaku sejarah maupun keluarganya.

Nama-nama seperti Abdul Moethalib, RM Sunardi, Husein Yusuf, Mahmuddin Nata, Aminuddin Nata, Tayeb Kesuma, Herman Runturambi dan yang lain-lainnya mungkin masih asing ditelinga kita. Lewat buku ini kita bisa mengetahui bahwa ternyata masih banyak para Pahlawan yang gugur sebagai Syuhada demi mempertahankan kemerdekaan bangsa ini, namun seperti namanya seperti hilang tanpa jejak.

Dengan diterbitkannya buku WAR OF BALIKPAPAN ini semoga kita para Generasi penerus bangsa bisa mengambil pelajaran dari Nilai-nilai Suci perjuangan para Pejuang Kesuma Bangsa ini. Dan kita sadar bahwa Kemerdekaan itu tidak didapatkan dengan mudah. Begitu banyak tetesan keringat, darah dan air mata yang tertumpah demi sebuah kata KEMERDEKAAN.

Akhirnya, hanya kata terima kasih yang bisa kita ucapkan kepada para Pahlawan teriring do’a semoga perjuangan beliau merupakan amal jariah yang tak terputus hingga diakhir jaman. Amin. /DB

Sumber : Buku WAR OF BALIKPAPAN
Sumber tulisan : duniabalikpapan.wordpress.com

 

Judul : War of Balikpapan
Penulis : Herry Trunajaya BS & Muhammad Asran
Penerbit : Araska Publisger
Tahun : 2011
Hal : 250 halaman

Ulasan

Belum ada ulasan.

Be the first to review “War of Balikpapan”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *