Tokoh Islam di Awal Kemerdekaan

Rp 150.000,00

Stok habis

SKU: SKU-TIAK/Tempo/I/07/2015 Kategori: Tag: , , , ,

Deskripsi

Berasal dari keluarga abangan, Sekarmadji Maridjan Karto­soewirjo menjadi pemimpin pemberontakan Darul Islam. Ber­­bekal pengetahuan agama Islam yang digalinya secara oto­didak, Kartosoewirjo memberontak demi cita-cita negara Islam. Toh, pemberontakannya telah ikut mewarnai sejarah pem­ben­tukan Republik yang masih berusia muda.

Hampir lima puluh tahun setelah kematiannya, pemikiran dan cita-cita mendirikan negara Islam masih bergelora di kalangan sebagian umat Islam negeri ini dan masih terus mengilhami ber­bagai kelompok di negeri ini yang ingin menegakkan se­buah negara Islam—baik dengan jalan damai maupun kekerasan.

Pengusung cita-cita negara Islam itu boleh saja terpecah-belah karena alasan ideologi atau kepentingan pribadi pemimpinnya. Ada yang memilih mengembangkan pendidikan, berjuang dengan program advokasi, ada pula yang tetap menghalalkan jalan kekerasan. Kelompok lain diyakini menjadi cikal bakal Jamaah Islamiah. Namun semuanya tetap mengaku penerus cita-cita Kartosoewirjo.

Kisah tentang Kartosoewirjo adalah satu cerita tentang “Tokoh Islam di Awal Kemerdekaan”, yang diangkat dari liputan khusus Majalah Berita Mingguan Tempo pada 2003-2010. Serial ini menampilkan wajah Islam Indonesia yang beragam: dari dulu hingga kini selalu ada orang yang mengedepankan jalan moderat dan demokratis, tapi ada pula—karena kekecewaan—menyokong radikalisme dan kekerasan.

Additional information

Judul

Tokoh Islam di Awal Kemerdekaan

Penerbit

TEMPO & KPG

Penulis

TIM TEMPO

Tahun

2013

Ulasan

Belum ada ulasan.

Be the first to review “Tokoh Islam di Awal Kemerdekaan”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *